DAIHATSU SAHABATKU

CREDIT LEASING

Tuesday 1 April 2014

PENCEGAHAN KEBAKARAN PADA KENDARAAN


Daihatsu Selenggarakan Workshop for Journalist:
“Pencegahan Kebakaran Pada Kendaraan”



JAKARTA: Sebagai bentuk kepedulian terhadap maraknya kebakaran di kendaraan yang terjadi di masyarakat, PT. Astra Daihatsu Motor (ADM) selaku pemegang merek Daihatsu di Indonesia menyelenggarakan workshop for journalist dengan tema “Pencegahan Kebakaran pada Kendaraan”. Workshop ini dilakukan di dua tempat, dengan lokasi Daihatsu Training Center di Jakarta pada 20 dan 21 Januari 2014, dan Daihatsu Training Center di Semarang pada 24 Januari 2014.

Pada workshop ini dijelaskan bahwa kebakaran merupakan munculnya api yang tidak dikehendaki dan tidak dapat dikendalikan, sehingga bahaya kebakaran dapat terjadi dimana saja. Terdapat banyak faktor yang menimbulkan kebakaran pada kendaraan baik itu datang dari internal kendaraan itu sendiri ataupun eksternal. Adapun unsur pembentuk dari api ada tiga, yaitu oksigen, panas, dan bahan bakar.

Lebih dalam, jika ketiga unsur pembentuk api bergabung, terlebih lagi pada sebuah kendaraan yang didalamnya terdapat berbagai jenis sumber panas/api dan berbagai bahan yang mudah terbakar. Adapun unsur pemicu api pada kendaraan meliputi:


  1. Unsur internal
    • Hubungan Arus Pendek
      Short atau hubungan arus pendek adalah sebuah hubungan listrik dengan tahanan listrik yang sangat kecil sehingga arus listrik yang sangat besar akan mengalir.
    • Penggunaan kabel yang tidak sesuai
      Panas adalah salah satu efek yang dibangkitkan oleh aliran listrik, saat sejumlah arus melewati sebuah konduktor maka sejumlah panas akan dihasilkan.  Hal ini dapat mengakibatkan kabel meleleh, serta kelebihan arus dan beban.
  2. Unsur eksternal
    • Rokok , Puntung Rokok yang menyala atau lighter
    • Kecelakaan kendaraan
    • Plastik menempel pada exhaust manifold
    • Parkir diatas rumput yang kering kondisi cuaca terik.

"Kami berharap melalui kegiatan workshop for journalist ini, rekan-rekan jurnalis mampu menjelaskan dan mengedukasi kepada masyarakat mengenai aktivitas pencegahan kebakaran pada kendaraan. Tidak hanya itu, masyarakat juga diharapkan dapat mengetahui unsur-unsur penyebab kebakaran di kendaraan. Untuk itu kami mengucapkan terimakasih kepada rekan-rekan jurnalis yang telah memberikan dukungan kepada Daihatsu selama ini, sehingga dapat menyebarluaskan informasi ini kepada para sahabat Daihatsu” ujar Ahmad Syaufi, Technical Service Division Head PT Astra Daihatsu Motor. 

No comments:

Post a Comment